Spoiler Alert – Tentang Ending Birdman

 Apakah itu endingnya yang membuatmu ragu untuk menilai Birdman sebagai film yang bagus ?, mari kita ulas bersama.

Jika merasa suatu film yang katanya bagus namun tidak terlalu bekerja untukmu, beri dia kesempatan kedua, percayalah padaku. Birdman adalah buktinya, setidaknya bagiku. Well, memang saat pertama menontonnya dulu agak terlalu terburu-buru, Birdman tidak menembus bioskop Indonesia namun masuk nominasi Oscar, menimbulkan penasaran yang tinggi hingga akhirnya kaset bajakanlah yang jadi jawabannya. Dengan gambar yang tidak jernih, sebenarnya aku sudah setuju bahwa Birdman adalah film yang spesial, namun aku tahu, ada sesuatu yang tertinggal saat aku menontonnya. Menonton kedua kalinya memberikan penegasan baru akan kesan daripada film ini.

Kau telah terhubung dengan post kategori Spoiler Alert, jadi jika kau belum menonton film ini, sekarang adalah pemberitahuan terakhir : move your ass off !!!

Birdman mempunyai open ending, dan segalanya tampak membingungkan menjelang akhir, scene-scene yang begitu abstrak, meteor, jellyfish, spiderman dan ironman yang menari ditengah parade, the hell iñárritu !?. Pertama menontonnya dulu, yang kulakukan pertama kali adalah masuk ke forum diskusi film ini, membaca tentang pendapat-pendapat pribadi dalam menafsirkan ending filmnya. Hasilnya begitu campur.

Bahkan ada yang mengungkit scene meteor dengan hal-hal berbau mitologi, pikirku terlalu jauh, padahal menurutku pribadi, asumsi saja sudah bisa membuatmu terpuaskan akan film ini.

Baik mari kita bahas awal terlebih dulu, menguak hal-hal yang mungkin mayoritas (atau minoritas) dari kita lewatkan seiring film berjalan. Iñárritu, jika dilihat baik-baik, ia secara tidak langsung bercerita tentang masa lalu Riggan Thompson yang begitu populer dan megah, alter egonya, sang Birdman adalah gambarannya 20 tahun yang lalu yang sama sekali tidak menunjukan seorang dermawan. Mari kita dikte satu-persatu bagaimana iñárritu menggambarkan karakter masa lalunya.

  • Ketika banyak jurnalis datang keruangannya untuk wawancara tentang Riggan yang akan mengadaptasi sebuah play, beberapa jurnalis menyinggungnya bahwa ia sempat menggunakan sperma babi agar terlihat tidak tua. Ini bukan tentang benar tidaknya, namun mengapa jurnalis ini tidak menyukai Riggan. Apalagi setelahnya datang firasat dari Jake tentang para jurnalis itu yang akan mengangkat berita tentang Riggan yang tidak baik.
  • Mengapa Mike Shiner sangat berlagak didepan Riggan, mengganti-ganti line di naskah pentasnya dan kadang suka meremehkan usahanya belakangan. Well Shiner-nya Norton memang keterlaluan, tapi apakah ia juga mewakili perasaan aktor-aktor diluar sana dalam melihat Riggan, mengatakan bahwa bukan Riggan yang populer, namun kostum burungnya.
  • Sam menceramahi bapaknya akan usahanya yang sia-sia, menceritakan bahwa kini ia sudah tidak terkenal dan tidak penting, sepertinya Sam adalah korban daripada popularitas yang diterima Riggan dulu, ketika ia melupakan segalanya ketika terkenal. Semuanya beralasan ketika Sam menceritakan bagaimana Riggan memperlakukannya kepada Shiner.
  • Birdman mengingatkan Riggan bahwa mereka dulunya adalah seorang bintang dan memang harus seperti itu. Birdman mengelukan masa-masa dulu ketika Riggan adalah Birdman. Pretentious but Happy, Ignorant but Charming.
  • Tabitha Dickinson yang dikenal sebagai kritikus professional sangat membenci Riggan Thomson bukan karena film atau pentasnya. Ia menyebutnya seorang yang, entitled, selfish, spoiled, children, hingga untrained. Alasannya ?, tentu karena masa lalunya.

Well mungkin banyak clue lain yang dapat kau temukan, tapi kesimpulannya satu, Birdman adalah hantu Riggan, mereka dulunya berada dalam satu tubuh, mewakili sifat yang sama, sama-sama kalut dalam kesombongan dalam nama superhero, menganggap seakan-akan memiliki kekuatan super. Namun di film ini hanya penonton yang tahu, bahwa keduanya, eventually, memisahkan diri menjadi dua pribadi yang berbeda. Birdman menyuruh agar Riggan Thompson kembali ke dunia blockbuster superhero yang megah dan tanpa seni, tapi Riggan dengan jatidirinya yang baru ingin menjadikan dirinya sebagai seniman yang diakui, membuktikan pada orang-orang terdekat bahwa ia bisa menghasilkan karya yang berarti.

Hampir ke akhir babak, kau bisa melihat Riggan Thompson terbang, atau sebelumnya mengobrak-abrik ruangannya dengan telekinesis, namun entah karena apa tiba-tiba semuanya berbeda, Jake melihatnya mengacak-acak ruangan dengan membantingkan barang barang dan supir taksi yang meminta bayaran. Disinilah muncul pertanyaan, apa maksudnya, Riggan memang tidak punya kemampuan, tapi apa maksudnya. Well, dilihat dari bagaimana ia begitu tentram ketika dia sedang terbang, asumsiku hanya satu, ini bukan tentang Riggan punya kekuatan super atau tidak, namun tentang apakah ia diakui atau tidak. Kekuatannya merepresentasikan pandangan orang lain, seketika orang lain melihatnya, seketika kekuatan itu tiba-tiba hilang. Benar ?

Tentang meteor aku tidak bisa bicara, karena aku tidak perlu mengorek maksud filosofisnya. Namun terbesit banyak teori tentang ubur-ubur, scene ubur-ubur diawal menceritakan bagaimana ia adalah seorang brengsek didepan istrinya, merusak kehidupannya dan mencoba bunuh diri dan selamat tersengat ubur-ubur, setelah itu hidupnya tak keruan hingga setelah malam opening scene kau bisa melihat gambar ubur-ubur itu lagi. Seolah pertanda bahwa kehidupan baik Riggan sudah kembali lagi. Namun banyak opini luar yang mengatakan scene aneh diakhir itu adalah Near Death Experience nya Riggan.

Oh ya, ada juga teori yang mengatakan bahwa Riggan mati waktu ia menembakkan pistol ke kepalanya saat malam opening. Namun iñárritu tidak bisa meninggalkan penonton terganggu seperti itu dan menganggap semua adegan setelahnya adalah khayalan fana. Tapi ini masih teori.

Menurutku pribadi, tak peduli apapun teorinya, aku lebih suka bagaimana film ini memvisualisasikan dirinya sendiri, Riggan kini populer lagi, tapi ia bukan ignoran, ia memiliki Twitter, dude !. Ia kembali rukun dengan istrinya. Kau bisa lihat Birdman sedang duduk di kloset dan diam, artinya jelas, ia tidak akan menganggu Riggan lagi karena popularitasnya sudah kembali walaupun itu bukan dengan caran Birdman. Dan yang paling penting ketika Riggan membuka jendela dan tiba-tiba hilang, Sam kaget dan khawatir melihat jendela terbuka, tergopoh dan melihat keluar, tersenyum memandang atas. Ini sangat simpel untuk ditafsirkan, ingat apa yang kutulis diatas tadi. Kekuatan Riggan merepresentasikan pandangan orang lain.

Dan Riggan mendapatkannya dari seseorang yang begitu meragukannya sebelum itu, Sam mampu melihat ayahnya terbang, sekarang. What a Super Ending !

Engineering student but movies way more than manufactures