Feature – Chaplin was RDJ ‘key’ of his career ?

rd1

 

Robert Downey Jr memang belum terlalu terkenal pada masa itu, namun bagaimana jika Chaplin ternyata merupakan salah satu kunci karirnya ?

Bakat Robert Downey Jr sebagai aktor memang belum terlihat di ranah Holywood waktu itu karena ia masih berusia 27 tahun (mengetahui bahwa aktor biasanya bermain hingga hampir umur 60), bahkan dibilang umur emas sebagai pemeran juga belum. Namun bakatnya sudah diyakini oleh keluarga dan tentu saja Richard Attenborough yang membuat keputusan mengejutkan ketika ia memilih RDJ sebagai pemeran film biografinya, Chaplin.

Tentu saja krusial, jika saja Attenborough salah langkah, tentu saja akan terjun kritik soal pemilihan casting karena RDJ harus memainkan Chaplin dari umur 18-80an, komplit dengan kelincahan remajanya sampai keriput tua dan rambut putih yang kadang kadang memang terlihat terlalu memaksa.

Tapi itu tidak penting, sejak film dirilis, Downey menuai banyak pujian, bahkan ganjaran penghargaan membuktikan bahwa RDJ lebih memainkan peran daripada skrip Attenborough dalam memikat penonton. RDJ mampu menggandeng nominasi Academy Awards’s Best Actor In Leading Role dan Best Actor di Golden Globe, sukses memenangi Best Actor di BAFTA Award. Capaian spektakuler, karena ketiga penghargaan tersebut merupakan yang pertama kali dan RDJ hanya meraih penghargaan yang sama dengan jumlah yang tidak bertambah banyak dalam empat dekade karirnya di industri film.

rdj2

Namun alasan mengapa peran Chaplin merupakan titik luncurnya sebagai aktor ‘laris manis’ terlihat setelah ia digandrungi banyak sutradara setelahnya, 20 film dalam 8 tahun sesudahnya, sudah cukup menunjukkan bahwa ia aktor laku karena itu ia baru menjalani separuh karirnya. Setelah tahun 2000, semuanya tahu siapa dia.

Nah untuk fans RDJ yang tergila-gila akibat peran Tony Stark atau Sherlock Holmes, apakah anda sudah menyempatkan untuk mengintip salah satu batu loncatan tersukses Iron Man, ‘Chaplin’ ?

Loves movie of Christopher Nolan, Wes Anderson, Alexander Payne, Quentin Tarantino, and Spike Jonze, also Stanley Kubrick